Jumat, 19 Februari 2016

Pengenalan Interface Pada Construct 2



Pengenalan Interface Pada Construct 2

Tutorial Construct 2 [ part 1 ]


Sebelum mulai membuat game dengan Construct 2, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu bagian – bagian pada Inerface Construct 2. Intinya yaa supaya anda tidak kebingungan dalam menjalankan Construct 2. tidak seperti saya dulu waktu pertama mencoba Construct 2, karena tidak ada guru dan Cuma belajar otodidak dan mencari tutorialnya di internet juga ga nemu – nemu, akhirnya saya ber experiment dan akhirnya mengerti juga bagian – bagian pada Construct 2.

Nah untuk anda yang baru memulai menggunakan Construct 2, silahkan pahami terlebih dahulu Interface pada construct berikut ini
Lihat gambar dibawah ini sebagai acuan


Interface Pada Construct 2

  1. Quick Access Toolbar

    Fungsi dari quick access toolbar pada construct 2 sama seperti pada Microsoft word dan kawan – kawan nya. Yang membedakannya adalah pada  quick access toolbar Construct 2 terdapat Run Layout dan Debug Layout. Run Layout berfungsi untuk menjalankan project yang sedang anda buat. Sedangkan Debug Layout berfungsi untuk melihat bagaimana kinerja project anda dimata PC.
  2. Ribbon

    Fungsi pada ribbon sama seperti fungsi ribbon pada Ms.Word, seperti File, Home, View, yang membedakan adalah pada Construct 2 terdapat Events dan Upgrade.
    Events berfungsi untuk membuat atau menambahkan event – event baru sedangkan Upgrade berfungsi untuk Mengupgrade Construct itu sendiri.
  3. Layout dan Event Sheet

    Layout adalah halaman kerja untuk tampilan game anda, disini anda dapat menambahkan Sprite – Sprite baru, mengganti Background menambahkan teks, menambahkan Button dan lain sebagainya sesuai kebutuhan anda.
    Event Sheet adalah halaman untuk menambahkan fungsi – fungsi dari sprite – sprite yang telah anda tambahkan tadi, disinilah Logika anda harus dibuka Lebar – Lebar, karena disinilah anda akan menambahkan fungsi – fungsi yang dibutuhkan untuk menggerakkan game anda dan membuat game anda dapat dijalankan oleh pemain nantinya.

    Diagram Event Pada Construct 2
    Pengenalan Interface Construct
  4. Properties Bar

    Ini merupakan property dari setiap object yang anda masukkan kedalam Layout, anda dapat mengedit dari setiap object agar sesuai keinginan anda dengan mengklik object yang ingin anda edit maka property dari object tersebut akan tampil di Properties Bar.
  5. Halaman Kerja Utama

    Disinilah anda dapat mengatur segala sesuatu dari mulai sprite dan lain sebagainya sampai perintah – perintah yang anda inginkan agar game yang anda buat sesuai keinginan anda.
  6. Objects Bar

    Ini merupakan data dari object – object yang telah anda masukkan kedalam Layout game anda.
  7. Project and Layer

    Pada menu Project anda dapat melihat semua hal yang ada pada game anda. Ini merupakan struktur dari game anda dimata PC.
    Pada menu Layer anda dapat melihat semua layer yang telah anda buat.
Itulah Pengenalan Interface Pada Construct 2 yang dapat saya bagikan, Pusing membacanya? Agar tidak pusing silahkan buka Construct 2 pada PC anda lalu lihat bagian – bagian yang telah saya jelaskan tadi apakah sesuai ataukan ada kesalahan, jika ada kesalahan silahkan coment di kolom komentar.

Baca Juga Tutorial Construct 2 lainnya >>DISINI<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar