Minggu, 24 Januari 2016

Trik Memilih Tema atau Niche Blog


Trik Memilih Tema atau Niche Blog yang Baik



            Tema atau biasa disebut niche blog merupakan karakter keseluruhan dari isi blog. Contohnya jika blog anda membahas secara keseluruhan tentang teknologi maka niche blog anda adalah teknologi. Sedangkan untuk blog yang membahas beberapa niche dalam satu blog disebut sebagai general blog . contoh dari general blog misalnya blog yang membahas tentang teknologi , otomotif , kesehatan , resep masakan dan topic lain dalam satu blog . Jika anda ingin memiliki general blog yang bagus maka anda harus memiliki bakat menulis yang bagus, pengetahuan yang luas tentang beberapa nice yang dibahas didalam blog anda . Untuk pembahasan kali ini saya akan membahas tentang trik memilih tema atau niche blog yang baik .



Sesuaikan Tema Dengan Hobi , Minat dan Keahlian


            Apakah hal ini penting ? tentunya hal ini sangatlah penting karena bagaimana anda akan mengulas sesuatu hal jika hal tersebut tidak sesuai dengan hobi , minat dan keahlian anda. Sekarang ini banyak orang hanya mencopy paste artikel orang lain untuk mendapatkan tema atau niche  yang bagus. Hal tersebut memang berhasil mengisi blog dengan mudah dan kaya akan artikel tetapi hal tersebut gagal dalam SEO blog , walaupun anda memiliki banyak artikel copy paste tetapi hal tersebut akan sia-sia saja karena hal tersebut tidak akan mengundang banyak pengunjung ke blog anda karena akan kalah bersaing dengan artikel blog yang anda copy paste tadi. Apalagi sekarang ini google telah mengeluarkan robot.txt hummingbird yang lebih sempurna dibandingkan dengan pendahulunya yaitu google panda. Jika pada saat google panda saja banyak blog yang anjlok rank nya  karena artikelnya hasil copy paste, apalagi sekarang telah menggunakan hummingbird yang lebih sempurna. Oleh karena itu  anda harus memilih niche yang sesuai dengan hobi, minat dan keahlian anda sehingga artikel yang anda tulis nantinya adalah konten yang original , unik dan yang pasti akan disukai oleh mesin pencari.

Sesuaikan Tema atau Niche Dengan Perkembangan Zaman

            Agar banyak pengunjung yang dating mengunjungi blog anda maka anda harus memilih tema yang sesuai dengan perkembangan zaman dan banyak dicari oleh pengunjung. Contohnya saja anda memilih niche tentang Friendster padahal sekarang sudah zamannya facebook , twitter dll. Lalu siapa yang akan mengunjungi sebuah blog yang membahas tentang Friendster , mungkin orang yang ingin bernostalgia dengan sosmed jadul hehee…

Sesuaikan Tema Atau Niche Dengan Keyword yang Banyak Dicari

Hal ini sangat penting bagi blog yang ditujukan untuk berbisnis , namun jika blog anda hanya diujukan untuk diary saja itu tidak masalah. Cari niche yang memiliki keyword yang sedang ramai dicari contohnya tentang berita terkini , tentang game , olah raga , tutorial dan lain – lain.

            Itu saja yang bias saya bagikan untuk anda , pesan saya jangan menganggap remeh tentang pemilihan tema , karena jika anda salah memilih tema atau mungkin anda memilih tema yang tidak sesuai dengan kapasitas anda , pada suatu saat nanti anda akan kehabisan materi untuk artikel anda atau bias juga anda merasa bosan dan jenuh dengan tema blog anda, untuk menghindari hal tersebut maka lebih baik anda membahas lebih dari satu tema dalam satu blog tetapi tema tersebut saling berhubungan antara tema yang satu dengan yang lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar