Senin, 25 Januari 2016

Manfaat Buah Pisang



Kandungan Gizi Buah Pisang


Pisang merupakan buah yang memiliki segudang gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Pisang menjadi salah satu buah yang banyak dikonsumsi di dunia untuk alasan yang baik. Pisang dapat tumbuh setidaknya di 107 negara didunia dan menempati peringkat ke empat diantara tanaman pangan yang dinilai secara moneter.

            Dengan mengonsumsi pisang secara rutin maka
kita akan mendapatkan berbagai manfaat dari buah pisang diantaranya : menurunkan resiko kanker, asma, meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Untuk satu porsi pisang (sekitar 126 gram) mengandung 30 gram karbohidrat, 110 kalori, dan 1 gram protein. Selain itu, buah pisang juga menyediakan berbagai vitamin dan mineral, yaitu :



  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 mg
    Untuk orang dewasa direkomendasikan mengkonsumsi pisang sebanyak 4700 miligram per hari.
    Pisang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan
    Dengan menambahkan pisang dalam menu diet harian, memiliki berbagai manfaat dalam tubuh. Pisang membantu tubuh mencapai tujuan penurunan berat, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa vitamin untuk kesehatan mata.
    1. Melancarkan peredaran darah
    Buah pisang mengandung potassium yang baik untuk peredarn darah. Pisang juga memiliki kandungan kalium yang membantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat mengurangi risiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

    2. Membantu pencernaan pada usus
    Pisang mengandung serat yang sangat baik untuk mengurangi risiko sembelit. Anda tidak perlu menggunakan obat pelancar BAB, cukup konsumsi buah pisang saja. Mencampur pisang dengan segelas susu dapat mengurangi risiko penyakit usus yang berbahaya, seperti terjadinya kanker usus besar. Pisang dapat digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan kandungan vitamin C pada pisang.
    3. Menjaga Kesehatan Mata
    Selain wortel ternyata pisang juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki kandungan vitamin A yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup membantu mengurangi risiko kebutaan dan juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.
    Wanita membutuhkan setidaknya 700 mikro gram vitamin A. dan untuk pria setidaknya membutuhkan 900 mikro gram. Satu buah pisang sebesar 6 inci memiliki hamper 10 mikro gram vitamin A. pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.
    4. Menormalkan Fungsi Jantung
    Mengkonsumsi ppisang setiap hari akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantun. Buah pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk kedalam tubuh, akan langsung masuk kedalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel diseluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.
    Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.
    Manfaat Buah Pisang Untuk Pengobatan
    Kandungan buah pisang yang kaya akan nutrisi ini juga memberikan manfaat sebagai media pengobatan, seperti :
    5. Animea
    Kandungan FE (zat besi) dalam pisang menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk penderita kurang darah. Disarankan mengkonsumsi 2 buah ppisang setiap hari.
    6. Asma
    Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College London menemukan bahwa anak-anak yang memakan satu buah pisang perhari memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.
    7. Liver
    Buah pisang yang dicampur dengan madu akan memberikan stimulant untuk nafsu makan bagi penderita liver.
    8. Diabetes
    Menurut penelitian bahwa diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu pisang ukuran sedang memiliki sekitar 3 gram serat.
    9. Diare
    Penderita diare akan kehilangan banyak elektrolit seperti kalium dalam jumlah besar selama masa diare sehingga membuat si penderita merasa lemah / lemas. Jenis makanan seperti apel dan pisang akan menggantikan elektrolit yang hilang tersebut.
    10. Mampu Menyehatkan Otak
    Kandungan kalium pada pisang memberikan stimulun pada otak. Dengan memberikan pisang pada bayi yang baru mulai belajar memakan makanan padat  menjadi pilihan yang baik karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.
    11. Baik untuk Ibu Hamil
    Ibu hamil memerlukan konsmsi yang baik untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung dalam pisang, hal ini penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin. Selain itu, pisang juga dapat membantu mengurangi morning sickness yaitu rasa mual yang timbul dipagi hari.

    Itu saja yang dapat saya bagikan tentang Manfaat Buah Pisang semoga bermanfaat dan dapat menjadikan tambahan ilmu bagi anda.
Baca juga berbagai manfaat buah lainnya disiniManfaat daging kambing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar