Rabu, 27 Januari 2016

Rahasia Khasiat Alpukat


Rahasia Khasiat Alpukat

         
Rahasia Khasiat Manfaat Alpukat
Buah Alpukat
          Alpukat, yaa siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini? Rasanya yang lezat dan dapat dinikmati dengan berbagai cara ini membuat alpukat banyak disukai banyak orang. Kebanyakan orang menikmati buah alpukat dengan cara dibuat menjadi jus, dicampur susu dan juga es batu kemudian diminum ditengah hari yang panas , hmmm pasti segar rasanya. Selain rasanya yang enak, ternyata buah alpukat mengandung banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh kita.
Berikut ini adalah kandungan buah Alpukat , diantaranya:

  • Protein
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Riboflavin (Vitamin B2)
  • Niacin (Vitamin B3)
  • Potasium (kalium)
  • Folat
  • Lemak tak jenuh tunggal
  • Glutathione
  • Asam Oleat
  • Flavonoid
  • Lutein Karotenoid

Buah Alpukat memang digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan juga khasiatnya yang melimpah, namun ada juga yang menghindarinya karena khawatir dengan kandungan lemak yang terkandung dalam alpukat yang dikhawatirkan dapat membuat gemuk. Buah alpukat memang memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Namun, lemak alpukat termasuk kedalam golongan lemak tak jenuh tunggal, yaitu seperti lemak yang terdapat pada minyak zaitun, termasuk kedalam golongan lemak yang menyehatkan. Lemak seperti ini beresiko positif untuk tubuh manusia karena dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein). Hal ini berarti alpukat dapat mencegah terjadinya penyakit stroke, darah tinggi, kanker dan penyakit jantung.

      Buah alpukat memiliki nama latin persea americana mill ini memiliki berbagai manfaat baik untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh karena alpukat kaya akan nutrisi dan juga vitamin.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Mencegah Penyakit Stroke
    Buah alpukat memiliki senyawa folat yang cukup tinggi, orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan folat memiliki risiko terkena stoke jauh lebih rendah dibandingkan mereke yang tidak mengkonsumsinya.
  2. Menurunkan Kadar Kolesterol darah
    Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada alpukat dapat meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) dan dapat mengurangi LDL (low density lipoprotein). Selain lemak tak jenuh tunggal, alpukat juga memiliki betasitosterol yang berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh yang berasal dari asupan makanan. Perpaduan antara lemak tak jenuh tunggal dengan betasitosterol menjadikan buah alpukat sebagai buah yang baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah.
  3. Mencegah Penyakit Jantung
    Buah alpukat merupakat buah yang kaya akan folat, dengan mengonsumsi secangkir jus alpukat maka anda sudah memenuhi kebutuhan harian folat yaitu sebanyak 23%. Orang yang menambahkan folat kedalam makanan sehari-hari mereka akan memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak menambahkan folat kedalam makanan sehari-hari mereka. Selain folat, alpukat juga mengandung vitamin E lemak tak jenuh tunggal dan juga glutathione yang baik bagi jantung anda.
  4. Mencegah Kanker
    Untuk kaum pria, alpukat dapat menghambat terjadinya pertumbuhan kanker prostat ,sedangkan untuk kaum wanita, alpukat dapat mencegah kanker mulut rahim, senyawa tertentu yang terkandung dalam alpukat dapat melawan pra-kanker dan sel-sel kanker mulut rahim tanpa mengganggu aktifitas sel-sel yang normal. Kandungan zat asam oleat yang tinggi pada alpukat dapat mencegah tumbuhnya sel kanker.
  5. Menangkal Radikal Bebas
    Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel. Radikal bebas juga merupakan penyebab utama penuaan, kanker, penyakit jantung dan kerusakan organ tubuh lainnya. Vitamin C ,Vitamin E  dan Flavonoid yang terkandung dalam buah alpukat dapat menjaga tubuh dari radikal bebas.
  6. Meredakan Sindrom Pra-Haid (PMS)
    Vitamin B6 yang terkandung dalam alpukat sangat berkhasiat untuk meredakan Pra-Menstruasi Syndrome (PMS) yang diderita oleh wanita.
  7. Mencegah Animea
    Dengan memakan buah alpukat secara teratur dapat mencegah terjadinya kekurangan sel darah merah atau animea karena alpukat mengandung zat besi dan tembaga yang sangat besar peranannya dalam pembentukan sel darah merah.
  8. Menghaluskan Kulit
    Vitamin E yang terkandung dalam alpukat dapat menghaluskan kulit ditambah dengan Vitamin A yang terkandung dalam alpukat yang berguna untuk perawatan kulit. Dengan mengkombinasikan keduanya maka buah alpukat sangat bagus untuk kesehatan kulit anda.
  9. Melindungi Kesehatan Mata
    Alpukat mengandung zat Lutein Karotenoid yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula.
  10. Membuat Rambut Berkilau
    Selain berkhasiat untuk kesehatan, alpukat juga dapat digunakan untuk perawatan rambut agar rambut tampak berkilau. Caranya adalah : ambil 1 buah daging alpukat, lalu haluskan, lalu tambahkan dengan 1 buah kuning telur (kuningnya saja) dan satu setengah sendok the minyak zaitun, kemudian diaduk hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan pada rambut sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 25 menit lalu bilas dengan shampoo hingga bersih.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Ibu Hamil

Buah Alpukat juga memiliki khasiat bagi ibu hamil, diantaranya adalah mencegah penyakit Spina Bifida pada janin. Spina Bifida adalah keluarnya jaringan sumsum tulang belakang dari punggung. Resiko tersebut akan dihambat oleh Asam folat yang terkandung dalam buah alpukat.

Asam Folat merupakan nutrisi yang penting dikonsumsi untuk ibu hamilagar calon buah hati terhindar dari cacat otak dan kerusakan sumsum tulang belakang.



Itulah beberapa Rahasia Khasiat Buah Alpukat yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar