Jumat, 22 Januari 2016

Apa Itu Blog?







Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Blog , ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu blog . Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan - tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web.



Sejarah Blog



Blog pertamakali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dulu dimiliki oleh Pyra Labs sebelum diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002 lalu. semenjak itu banyak terdapat aplikasi - aplikasi yang bersifat open source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.



Blog mempunyai beragam fungsi, diantaranya : digunakan sebagai media untuk publikasi kampanye politik , sebagai catatan harian , sampai dengan program - program media , dan juga perusahaan - perusahaan, bahkan ada juga yang menjadikan blog sebagai mesin penghasil uang pribadinya :D .

biasanya blog dikelola oleh penulis tunggal , tetapi ada juga yang dikelola oleh beberapa penulis.

kebanyakan blog memiliki beragam fasilitas untuk berkomunikasi dengan pengunjungnya, semisal : buku tamu , kolom komentar yang memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan , tetapi ada juga blog yang sebaliknya (non-interaksi) dengan pengunjung.



blogosphere adalah situs - situs web yang saling berkaitan dengan blog atau secara total merupakan kumpulan blog. sedangkan blogstorm atau badai blog adalah sebuah kumpulan gelombang aktifitas informasi dan opini yang sangat besar berulangkali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere.


Jenis - Jenis Blog



Jenis Blog ditentukan oleh konten - konten yang ada didalam blog semisal :

Blog politik : akan berisi tentang berita , politik, kampanye politik dll. yang masih berhubungan dengan dunia politik.

Blog Pribadi : biasa disebut juga dengan buku harian online , karena berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang , curahan hati seseorang , dll.

Blog Kesehatan : akan lebih spesifik tentang kesehatan, seperti keluhan pasien , berita kesehatan terbaru , keterangan tentang kesehatan dll.

Blog Sastra : atau biasa disebut litblog (Literary Blog) yang berisi tentang karya sastra.

Blog Mode (Fashion Blog) : isinya seputar gaya , perkembangan mode dll.

dan masih banyak lagi Jenis - jenis blog lainnya.



Risiko Kejahatan



Seringkali Blog berisikan tentang hal - hal penting bagi personal ataupun perusahaan, hal ini bisa membuat hacker ataupun seseorang yang tidak menyukai anda untuk berbuat sesuatu yang tidak diinginkan, seperti menyebarkan berita hoax tentang anda, menebar teror ataupun merusak nama baik anda.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar