Jumat, 22 Januari 2016

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh



Buah apel memang banyak disukai orang baik yang muda ataupun yang sudah berumur bahka balita sekalipun suka akan buah yang satu ini. selain karena rasanya yg manis dan segar , ternyata buah apel juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, berikut ini beberapa Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh :



1. Membantu kinerja usus halus

    Manfaat apel untuk kesehatan yang pertama adalah membantu kinerja usus halus ,dikarenakan pencernaan tidak akan pernah lepas dari kinerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya maka kita harus senantiasa menjaga usus halus salah satunya dengan cara gemar memakan buah apel karena apel dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan pada usus.



2. Mengurangi gangguan pernafasan

    Sebuah studi menunjukan bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernafasan , selain itu wanita hamil yang mengkonsumsi jus apel secara rutin juga dapat menekan resiko gangguan pernafasan anak dalam kandungannya.



3. Menyehatkan rongga mulut dan gigi

    Dengan mengkonsumsi apel dengan cara dikunyah secara langsung akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut , apel juga mengandung zat tanin yang dapat membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.



4. Mengontrol gula darah

    Bagi orang yang memiliki riwayat genetik terserang penyakit diabetes maka mengkonsumsi apel secara rutin adalah pilihan yang tepat karena apel dapat menyuplai Galacturonic Acid untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin .



5. Melindungi tulang

    Buah apel memiliki kandungan flavonoid (phloridzin) yang dapat mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse . Apel juga memiliki kandungan Boron yang berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos . hal ini juga baik bagi pencegahan timbulnya gejala penyakit rematik.



6. Mencegah Parkinson

    Orang yang makan buah buahan dan makanan berserat tinggi dapat terhindar dari penyakit parkinson , penyakit ini ditandai dengan gangguan memproduksi dopamine untuk sel - sel saraf otak. Ilmuan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas .



7. Mencegah dan mengobati kanker

    Kulit apel mengandung senyawa triterpenoids yang diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara , lever , dan gejala kanker usus besar. apel juga memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker , termasuk aktivitas antimutagenik , aktivitas antioksidan , mekanisme anti-inflamasi , anti proliferatif , dan proses apoptosis-inducing.



8. Kesehatan otak

    Buah apel dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative , seperti penyakit Alzheimer.



9. Menurunkan Kolesterol

    Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih sebaiknya mengkonsumsi buah apel secara rutin . serat larut terdapat pada apel yang dapat mengikat lemak dalam usus yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.



10. Menyehatkan Jantung

      Fenolik , senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri . ketika plak terbentuk di dalam arteri maka plak tersebut akan mengurangi aliran darah ke jantung , dan akan menybabkan penyakit jantung koroner . Serat larut yang terdapat pada apel berfungsi membersihkan plak tersebut.



Itulah beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan yang dapat saya bagikan di artikel kali ini.

semua manfaat tersebut akan kita dapatkan jika mengkonsumsinya dengan teratur dan tidak berlebihan , karena sesuatu yang berlebihan dapat merubah hal yang baik menjadi buruk.

Baca juga berbagai manfaat buah lainnya disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar