Pengenalan Behavior pada Construct 2
Tutorial Construct 2 [ Part 2 ]
Behavior adalah sifat yang dapat ditambahkan pada setiap
object sesuai dengan keinginan anda. Ada berbagai macam behavior yang ada pada
Construct 2, berikut ini adalah macam – macam Behavior dan fungsinya yang telah
saya rangkum. Monggo disimak.
8 direction
Untuk membuat object dapat dikontrol untuk bergerak ke kanan,
kiri, atas, bawah.
Anchor
Berfungsi untuk memposisikan objek secara otomatis agar
sesuai dengan ukuran layar, hal ini berfungsi untuk mendukung berbagai ukuran
layar.
Bound to Layout
Berfungsi agar obyek tidak keluar dari layar game. Jika anda
membuat suatu object tanpa menggunakan Bound to Layout, maka jika object
tersebut digerakkan terlalu kekiri atau terlalu kekanan object tersebut akan
keluar dari layar. Tidak lucu kan kalau saat sedang bermain game tiba – tiba object
nya hilang :D
Bullet
Berfungsi untuk membuat object maju lurus kedepan, ini
biasa digunakan untuk peluru, tetapi bullet juga mempunyai opsi tambahan
seperti gravitasi dan memantul yang digunakan untuk membuat object seperti bola
yang memantul, selain biasa digunakan untuk peluru, bullet juga dapat digunakan
untuk object sebagai musuh yang selalu bergerak secara otomatis
Car
Berfungsi untuk membuat object dapat bergerak maju mundur
belok kanan, kiri seperti memiliki kemudi, car biasanya digunakan untuk game
yang bertema tentang kendaraan atau balapan
Custom movement
Membuat obyek dapat bergerak sesuai kebiasaan (event based) movement.
Destroy outside
Menghancurkan obyek setelah keluar dari layar utama game.
Jika anda melihat peluru yang menghilang setelah keluar dari layar pada game,
itu sebenarnya tidak menghilang, peluru itu akan tetap maju secara terus
menurus dan jika hal ini dibiarkan lama kelamaan akan membuat loading game jadi
berat. Untuk menghindari hal tersebut maka gunakanlah Destroy Outside Behavior
yang akan menghancurkan object secara otomatis setelah keluar dari layar
Drag and Drop
Berfungsi untuk memberikan sifat pada object agar dapat
ditarik dan diposisikan sesuai keinginan dengan mengklik atau menyentuh obyek
tersebut kemudian dapat dilepaskan jika posisi
object sudah sesuai dengan yang anda inginkan dengan melepas klik atau sentuhan
anda.
Fade
Memberikan sifat pada object agar dapat memudar dan
menghilang secara otomatis. Contohnya : jika anda menembak musuh dan tembakan
tersebut mengenai musuh, maka akan keluar api dan api tersebut akan memudar dan
menghilang secara otomatis.
Flash
Membuat object dapat terlihat untuk beberapa saat lalu
menghilang untuk beberapa saat kemudian muncul lagi sesuai waktu yang telah
anda set dan akan terus berulang – ulang
(seperti berkedip).
Jump-thru
Untuk membuat suatu pijakan dapat dipijak dan dapat
ditembus dari bawah, ilustrasinya seperti gambar dibawah ini
Solid
Membuat suatu obyek dapat dipijak, sama seperti
jump-thru. Namun, solid tidak dapat ditembus dari bawah. Ilustrasinya seperti
gambar dibawah ini
Biasanya semua object dan tindakannnya akan disimpan dalam game, itu akan membuat loading game semakin lama semakin lambat. Dengan menggunakan no save behavior maka object yang telah dipasang no save behavior dan tindakan – tindakannya tidak akan disimpan dan tidak akan membuat loading game menjadi berat.
Shadow Caster
Line-of-Sight
Berfungsi untuk membatasi jarak pandang object. Seperti pada
game peperangan, biasanya ada object yang menghalangi jarak pandang object
pemain untuk melihat musuh. Missal terhalang tembok, pohon dan lain sebagainya
No Save
Biasanya semua object dan tindakannnya akan disimpan dalam game, itu akan membuat loading game semakin lama semakin lambat. Dengan menggunakan no save behavior maka object yang telah dipasang no save behavior dan tindakan – tindakannya tidak akan disimpan dan tidak akan membuat loading game menjadi berat.
Path Finding
Berfungsi untuk membuat object sebagai pemain dapat menemukan
jalan tercepat disekitar rintangan secara cepat.
Persist
Membuat object dapat mengingat tata letak yang berbeda
pada saat ditinggalkan kemudian kembali lagi ke tempat tersebut. Object yang
menggunakan persist behaviour disebut juga sebagai tata letak terus menerus. Ibaratnya,
disaat anda telah menghancurkan dinding kemudian meninggalkannya, maka saat
anda kembali lagi ke tempat tersebut kondisinya sama seperti saat anda
tinggalkan (dindingnya tetap hancur)
Physics
Untuk contoh
penggunaan physics behavior, anda lihat
saja pada game Angry Bird dimana reruntuhan gedung berjatuhan kebawah dan jika
salah satu object pada gedung yang roboh tersebut menyentuh object lain (gedung
lain) maka object yang tersentuh akan ikut bergoyang atau bahkan ikut roboh.
Pin
Object yang diberi Pin Behavior akan memberikan kesan bahwa object
tersebut telah disematkan atau menempel pada obyek lain.
Platform
Obyek yang diberi Platform Behavior berfungsi sebagai
Pemain dalam game tersebut yang dapat digerakkan sesuai keinginan anda.
Rotate Behavior
Berfungsi agar game seolah-olah berputar
Shadow Caster
Memberikan efek shadow (bayangan) pada object yang diberi
Shadow Caster Behavior. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini
Tanpa Shadow Caster |
Sine
Dapat menyesuaikan object (seperti posisi, ukuran atau
sudut). Seperti mebuat rumput bergoyang secara teratur dan terus menerus. Ini akan
mempercantik tampilan game anda.
Timer
Berfungsi untuk memberikan batas waktu untuk pemain
menyelesaikan permainan. Time Behavior digunakan hampir disetiap game.
Turret
Apakah anda pernah memainkan game contra? Jika pernah
pasti anda melihat didalam game contra ada Tank yang dapat dinaiki dan
mengikuti arah gerakan si object pemain. Nah, itulah fungsi dari Turret
Behavior
Wrap
Ini berfungsi untuk me-repositions object. Misal pada permainan Snake II milik
nokia, jika anda mengarahkan ularnya
kebawah, maka setelah melewati batas ular tersebut akan muncul dari atas. Seperti
itulah fungsi wrap.
Itulah pengenalan Behavior pada Construct 2 ,
untuk contoh yang lebih jelasnya silahkan anda lihat sendiri contoh yang ada
pada Construct 2, caranya : klik File, lalu klik New , silahkan pilih contoh
penggunaan behaviour yang anda ingin pelajari (Biasanya contoh - contohnya ada
dibawah).
Baca juga Tutorial Construct 2 lainnya >>DISINI<<
Mungkin yang seperti ini yah Linknya
BalasHapus